SEJARAH DESA MENJER


  1. Asal Usul Pembentukan Desa

Nama “Menjer” berasal dari gabungan dua sub kata yaitu men yang artinya biar dan jejer yang artinya berdampingan, hal ini selaras dengan cerita nenek koyang yang dahulunya mau membangun wilayah desa yang berada di antara gunung-gunung, akan tetapi karena desakan masyarakat agar tidak mendirikan desa di gunung, karena dikhawatirkan akan menjadi desa yang terpencil dan jauh dari desa yang lainnya, akhirnya masyarakat satu komando untuk membangun wilayah desa yang berdampingan desa yang lainnya dengan menggunakan bahasa jawa “men jejer” yang akhirnya diakulturasikan menjadi satu sub kata yaitu “menjer” yang pada kemudian hari menjadi nama dari desa tersebut.Desa Menjer berdiri pada tahun yang tidak diketahui sejarahnya, diperkirakan berdirinya Desa menjer pada tahun 1810 yang masih berada pada masa penjajahan Belanda. Hal ini bersumber dari cerita rayat bahwa keberadaan Lurah atau kepala Desa pertama Desa Menjer diketahui tahun 1911,

  1. Pemimpin Desa

1. Pawiro Rejo

Pawiro Rejo merupakan Lurah pertama Desa Menjer, masa jabatannya diperkirakan sekitar 41 tahun, mulai pada tahun 1911-1952. Pada masa itu belum diketahui jumlah masyarakatnya berapa, akan tetapi beberapa sumber menyebutkan bahwa masyarakat pada saat awal kepemerintaha itu tidak lebih dari 50 orang, peran Pawiro Rejo sangat vital pada saat itu, karena mengamankan masyarakatnya dari bahaya penjajahan. Selain itu, Pawiro Rejo juga sangat berperan utama dalam proses pembukaan Desa atau babat tanah desa Menjer.

  1. . Karmo Rejo

Masa jabatan Karmo Rejo selama 35 tahun, Karmo Rejo juga dikenal sebagai Mbah Glondong di Desa Menjer, perannya juga sangat vital dalam pembangunan Desa Menjer, selain membuka akses jalan menuju desa, Karmo Rejo juga berperan dalam penataan wilayah dan juga pembangunan infrstruktur sederhana di desa. Dan selain itu, masih bahyak peran dari Karmo Rejo yang tidak terdokumentasi.

  1. . Hadi Suwito

Masa jabatan Hadi Suwito terbilang singkat, yaitu selama 3 tahun, dikarenakan Hadi Suwito wafat ketika sedang menjabat sebagai kepala desa. Masa jabatannya pada tahun 1987-1990

Peran Hadi Suwito dalam pembangunan desa juga sangat vital, akan tetapi belum terdokumentasikan

  1. . Mad Tahril

Masa jabatan Mad Tahril selama 8 tahun mulai dari tahun 1990-1998.

Pada masa kepemerintahannya sudah mulai pembangunan infrastruktur berupa pemadatan jalan desa dll

  1. . Kusnan

Masa jabatan Kusnan selama 8 tahun, yaitu pada tahun 1998-2006

Kusnan juga memegang peranan penting pada pembangunan desa Menjer, banyak pembangunan yang dilaksanakan pada masa kepemerintahannya, seperti pelebaran lapangan sepakbola dll.

  1. . Kliwon Haryanto

Masa jabatannya pada tahun 2007-2013, Kliwon Haryanto memegang peranan penting dalam penataan wilayah dan juga pemberdayaan masyarakat, pembangunan pada masa pemerintahannya juga terbilang banyak, seperti rabat beton, senderan, pembuatan jalan alternative desa, rehab gedung perkantoran, rehab GOR, pembangunan spal, pengadaan mesin pengelola sampah dll.

  1. . Suwardi

Masa jabatan Suwardi pada tahun 2013-2018.

Pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa Menjer terbilang banyak, dengan adanya dana transfer desa Suwardi mampu membangun aset desa berupa barang dan bangunan, seperti betonisasi jalan tiap gang se desa Menjer, senderan akses pertanian, pembuatan saluran limbah, rehabilitasi gor, pembuatan jambanisasi, senderan pemukiman, pembangunan RTLH, adapun aset berupa barang seperti pengadaan ambulan Desa, mobil pengangkut sampah dll.

  1. . Slamet Raharjo

Masa jabatan 2019-sekarang


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085292526307
Email:  menjerberiman@gmail.com
Website: https://menjer-garung.wonosobokab.go.id

Jl. Raya Desa Menjer, Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo